Header Ads


8 Tips Menjalankan Bisnis Sampingan dan Mendapat Penghasilan Tambahan



BUKU USAHA8 Tips Menjalankan Bisnis Sampingan dan Mendapat Penghasilan Tambahan – Dengan semakin banyak kebutuhan dan pengeluaran setiap bulannya, membuat banyak orang mulai mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan.

Salah satu cara yang cukup banyak menjadi pilihan masyarakat adalah dengan memulai bisnis sampingan selain bekerja secara full time di kantor.

Apakah Anda juga berpikir demikian? Jika saat ini Anda sedang berpikir untuk menambah penghasilan lewat bisnis sampingan, ini dia 8 langkah terbaik yang bisa dilakukan sebelum memulainya.

8 Tips Menjalankan Bisnis Sampingan dan Mendapat Penghasilan Tambahan


1. Miliki Komitmen


Jika Anda berpikir untuk menjalankan bisnis sampingan dan mendapat penghasilan tambahan, maka Anda harus memahami akan ada tambahan waktu kerja yang harus dilakukan setiap harinya.

Miliki komitmen untuk menjalani tambahan waktu kerja tersebut dengan membuat sebuah daftar kegiatan yang harus dilakukan setiap harinya.

Tuliskan pada agenda harian tentang berapa jam setiap harinya yang perlu Anda sisihkan untuk melakukan pekerjaan sampingan.

2. Lakukan Bisnis yang Anda Sukai dan Sesuai Minat


Bisnis yang Anda jalankan tidak akan mampu berjalan dengan optimal, jika Anda sendiri tidak terlalu suka untuk menjalaninya.

Oleh sebab itu, pilihlah sebuah bisnis yang benar-benar Anda suka dan berminat untuk menjalankannya.

Jika Anda suka masak, jalankan bisnis warung makan di rumah Anda atau Anda suka mengajar anak-anak, maka tidak ada salahnya untuk membuka kursus privat.

Bisnis yang dijalankan dengan sepenuh hati mampu memberikan hasil yang optimal.

3. Miliki Keunggulan Kompetitif


Jika ingin menjalankan bisnis sampingan sdan mendapat penghasilan tambahan, Anda perlu memiliki poin penting ini.

Keunggulan kompetitif yang dimiliki dalam bisnis memungkinkan Anda untuk menghasilkan lebih banyak penjualan dan juga memperoleh lebih banyak pelanggan dibandingkan para pesaing.

Jangan menjadi bisnis yang biasa saja, miliki sebuah keunggulan unik yang berbeda dari para pesaing Anda. Hal inilah yang menjadi nilai tambah bisnis di mata para pelanggan yang menggunakan produk atau jasa.

4. Bisnis Sampingan Harus Memiliki Tujuan yang Terukur dan Bisa Dicapai


Bisnis sampingan yang dimiliki tidak akan bisa berkembang dan tumbuh, jika Anda selaku pemilik bisnis tidak memiliki tujuan yang terukur. Tetapkan beberapa tujuan di masa depan berkaitan dengan bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini.

Misalnya saja Anda memiliki tujuan untuk mendapatkan omzet Rp5 Juta dalam sebulan atau Anda ingin menambah varian produk yang ditawarkan kepada pelanggan.

5. Jangan Ragu Bekerja Sama dengan Orang Lain


Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Anda tidak memaksakan seseorang menjadi pribadi yang berbeda dalam menjalankan bisnis.

Jika Anda termasuk orang yang ahli di bidang penjualan, tetapi tidak memiliki modal yang cukup, maka Anda bisa bekerja sama dengan para pemilik modal untuk memasarkan produk atau layanan yang mereka miliki.

Intinya adalah lakukan yang terbaik apa yang bisa Anda lakukan!

Pahami setiap kelebihan yang dimiliki dan jangan lupa juga untuk menuliskan beberapa kelemahan yang Anda miliki. Fokuslah pada kekuatan dan ajak orang lain bekerja sama di bidang yang menjadi kelemahan Anda.

6. Minta Umpan Balik Kepada Konsumen Anda


Bisnis sampingan yang Anda jalankan pasti membutuhkan konsumen agar bisa survive dan terus bertumbuh di masa depan. Mintalah umpan balik tentang produk atau layanan yang Anda berikan sebab hal ini bisa sangat bermanfaat untuk memperbaiki layanan di masa depan.

Selain itu, umpan balik yang diberikan para konsumen sangat bermanfaat untuk memastikan bahwa Anda sudah memberikan sesuatu yang benar-benar diinginkan para pelanggan.

7. Jangan Lupakan Pekerjaan Utama Anda di Kantor


Seperti yang sudah kami sampaikan di atas bahwa bisnis sampingan yang dijalankan mengharuskan Anda menyisihkan lebih banyak waktu untuk bekerja mengurusi pekerjaan utama dan juga bisnis yang ada.

Meskipun Anda sudah memiliki bisnis sampingan, jangan lupa dengan pekerjaan utama yang dimiliki saat ini.

Jangan sampai Anda melalaikan tugas sebagai staff di sebuah perusahaan, karena terlalu fokus berbisnis sampingan.

Selain itu, jangan pernah menggunakan sumber daya perusahaan untuk menjalankan bisnis sampingan yang dimiliki seperti komputer, software, mesin fotokopi, dan lain sebagainya.

8. Mengajukan permodalan usaha


Jika Anda merasa kesulitan modal dan butuh suntikan uang yang bisa berguna untuk menyegarkan kembali arus kas bisnis Anda, jangan ragu untuk mengajukannya ke KoinWorks.

Nah, apabila Anda mengajukan permodalan usaha di platform P2P Lending seperti KoinWorks, Anda bisa mendapatkan modal mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar. Bunganya pun terjangkau, mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Bisnis Anda pun akan didukung oleh lebih dari 50.000 lenders terdaftar di KoinWorks dan proses pendanaannya pun terhitung cepat. Karenanya, mendapatkan modal untuk usaha bukan lagi hal yang menyulitkan.

Apabila tidak percaya, coba intip kisah menarik salah satu pebisnis yang pernah menjadi peminjam di KoinWorks. Ialah Muhammad Sadad, pemilik brand fashion Erigo.

Berkat pendanaan dari para investor di KoinWorks, ia mampu mengembangkan bisnisnya, bahkan meraup omzet hingga miliaran rupiah.


Selamat memulai bisnis sampingan dan mendapatkan penghasilan tambahan!

Sumber:https://koinworks.com/blog/menjalankan-bisnis-sampingan-mendapat-penghasilan-tambahan/

No comments

Powered by Blogger.