Header Ads


Punya Gelang Emas Kekinian dari Emas Muda? Ini Cara Merawatnya

Gelang emas bisa terbuat dari emas muda maupun emas tua. Dikatakan emas muda karena kemurniannya yang tidak setinggi emas tua. Contoh emas muda yaitu emas yang memiliki kadar kemurnian 12K. Sedangkan emas tua adalah emas dengan kadar kemurnian 18K. Kelebihan gelang emas kekinian dari emas muda yaitu harganya yang terjangkau. Meskipun secara kualitas tentu saja lebih bagus emas tua 18K.

Agar emas tidak pudar, Anda harus merawat gelang dengan baik. Pasalnya emas muda cenderung lebih mudah menghitam dibandingkan emas tua. Langsung saja, berikut cara merawatnya yang bisa diikuti:

Cara Mencuci

Semua jenis gelang emas perlu dirawat dengan baik agar bisa tahan lama dan tidak mudah pudar. Namun gelang emas muda membutuhkan perawatan lebih karena gelang lebih mudah pudar. Cara mencuci menjadi hal pertama yang wajib Anda ketahui.

Anda bisa memanfaatkan bahan seperti sabun cuci piring, air hangat, dan sikat gigi lembut. Masukkan gelang emas Anda ke dalam cairan sabun cuci yang sudah dicampur air hangat. Cukup 5-10 menit saja, lalu sikat menggunakan sikat gigi lembut. Bilas kembali dengan air hangat dan keringkan.

Gunakan Cairan Khusus

Sabun cuci piring merupakan cairan yang aman untuk mencuci gelang emas kekinian milik Anda. Namun jika Anda memiliki akses untuk membeli, akan semakin baik jika menggunakan cairan khusus. Cukup banyak cairan yang dikhususkan untuk membersihkan perhiasan. Sebagian besar dipakai dengan cara disemprotkan ke gelang. Setelah itu, Anda tinggal lap gelang menggunakan kain lembut.

Hindari Penggunaan Pasta Gigi dan Air Mendidih

Anda mungkin pernah menemukan tips membersihkan gelang emas menggunakan pasta gigi. Namun sayangnya tips tersebut tidak benar. Pasta gigi memiliki kandungan klorin yang menjadi musuh bagi perhiasan emas. 

Bahan lain yang tidak boleh digunakan untuk membersihkan gelang emas adalah cairan pemutih, acetone, deterjen bubuk, baking soda, dan hand sanitizer. Selain itu, Anda juga tidak boleh menggunakan air mendidih untuk membersihkan gelang karena berbahaya. Cukup gunakan air yang hangat saja.

Berhati-hati Memakai Alat Pembersih Ultrasonic

Membersihkan gelang emas memakai alat pembersih ultrasonic memberikan hasil yang lebih bersih dan memuaskan. Bahkan hasilnya sampai berkilau seperti membeli baru. Akan tetapi jika tidak mengerti cara penggunaan yang tepat, alat tersebut bisa merusak gelang Anda. Jadi sebaiknya hal ini dilakukan oleh ahli dan profesional agar aman.


Jauhkan dari Skincare atau Produk Sejenis

Wanita sangat suka menggunakan skincare atau produk kecantikan untuk menunjang penampilan. Akan tetapi Anda perlu tahu bahwa skincare, lotion, dan krim perawatan memiliki konsentrasi tinggi. Jika terkena gelang, maka kotoran bisa mengendap lama. Jadi kilauannya pun pasti akan berkurang.

Simpan di Kotak Khusus

Tips terakhir bisa Anda lakukan ketika tidak memakai gelang. Jangan sembarangan menyimpan gelang. Sebaiknya simpan di kotak khusus yang lembut agar tidak mudah tergores. Akan lebih baik jika Anda memisahkan setiap gelang agar tidak saling menggores satu sama lainnya.

Itulah cara merawat gelang emas muda yang perlu Anda ketahui. Cari gelang emas kekinian yang berkualitas? Mondial Jeweler adalah jawabannya. Sebagian besar gelang yang ditawarkan menggunakan emas tua 18K sehingga kualitasnya terjamin. Meskipun menggunakan emas tua, namun harganya masih tetap terjangkau. 

Tiga rekomendasi gelang terjangkau yang ditawarkan yaitu three stone bangle, tennis bangle, dan channel bangle. Harganya yang terjangkau dan kualitasnya yang baik pasti membuat Anda merasa puas. Lihat koleksi gelang emas terjangkau lainnya di website resmi Mondial Jeweler.

No comments

Powered by Blogger.