Header Ads


Pentingnya Memperhatikan Masa Perkembangan Otak Anak



Tumbuh kembang merupakan salah satu proses yang hanya terjadi satu kali seumur hidup, yaitu pada masa anak-anak. Salah satu yang terjadi yaitu perkembangan otak anak. Sebagai informasi, kebutuhan nutrisi pada tumbuh kembang anak dua kali lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan nutrisi orang dewasa.

Dengan asupan nutrisi yang lengkap dan tepat, maka tumbuh kembang anak bisa menjadi lebih optimal dan si kecil pun akan tumbuh sehat dan pintar.

Manfaat Memperhatikan Perkembangan Otak si Kecil

Perkembangan otak anak adalah sebuah proses yang kompleks dan penting bagi tumbuh kembang si kecil. Selama masa kanak-kanak, otak si kecil berkembang dengan cepat, membentuk dasar yang akan digunakan sepanjang hidup mereka.

Perhatian pertama harus Anda fokuskan selama trimester pertama kehamilan, otak anak mulai terbentuk dan tumbuh dengan cepat. Pada trimester kedua dan ketiga, otak anak mulai membentuk jalur-jalur saraf yang akan digunakan untuk mengatur fungsi tubuh dan pikiran.

Kemudian, ketika si kecil lahir, otaknya akan terus tumbuh dan berkembang dengan cepat. Pada usia 0-2 tahun, otak si kecil akan membentuk dasar-dasar untuk fungsi-fungsi dasar seperti pernapasan, gerakan, dan persepsi.

Lalu kemudian pada usia 2-6 tahun, otak si kecil perlahan akan mulai membentuk dasar-dasar untuk fungsi-fungsi yang lebih kompleks seperti bahasa, belajar, dan memori.

Perkembangan Otak pada Masa Prasekolah

Pada masa prasekolah, otak si kecil juga akan mulai membentuk dasar-dasar untuk sosialisasi dan emosi. Si kecil akan mulai belajar tentang empati dan perasaan orang lain, serta belajar tentang norma-norma sosial yang diharapkan dalam masyarakat.

Lalu kemudian, ketika sudah beranjak di usia sekolah dasar, otak mereka akan mulai berkembang dengan lebih lambat. Akan tetapi, masih terdapat perkembangan yang penting, seperti perkembangan kognitif dan bahasa.

Bantu Tumbuh Kembang si Kecil dengan Suplemen

Kebutuhan nutrisi anak di masa tumbuh kembang dua kali lebih besar dibandingkan dengan orang dewasa. Bunda bisa membantu tumbuh kembangnya dengan memberi mereka suplemen, salah satunya yang mengandung minyak ikan karena bagus untuk otak si kecil.

Suplemen yang bagus untuk perkembangan otak anak, yaitu suplemen minyak ikan yang bisa bunda dapatkan dari Blackmores.

No comments

Powered by Blogger.