Header Ads


Tips Mengetahui Keaslian Kalung Berlian Dengan Mudah

Ketika Anda hendak membeli kalung berlian, maka prosesnya harus dilakukan dengan sebaik mungkin dan tidak boleh sembarangan. Sebab, perhiasan ini memiliki harga yang tidak murah. Jadi, jangan sampai Anda menyesal karena mendapatkannya dengan kualitas yang rendah atau bahkan palsu.

Meski terdapat beberapa perbedaan antara kalung berlian asli dan palsu, akan tetapi bagi para pemula tentu itu merupakan hal yang tidak mudah untuk membedakannya. Agar Anda tidak salah pilih, berikut kami hadirkan beberapa tips yang bisa Anda terapkan, diantaranya yaitu

Perhatikan sinar yang bisa dipancarkannya

Kemampuan dalam memancarkan atau memantulkan cahaya yang menawan adalah sifat berlian yang tidak bisa ditandingi oleh material lainnya. Kalung berlian yang asli dapat memancarkan cahaya keabu-abuan. Sedangkan berlian yang terindikasi palsu, akan mengeluarkan cahaya yang warna warni.

Sebenarnya cahaya warna warni yang muncul bukanlah indikator utama bahwa berlian pada kalung tersebut palsu. Bisa juga menunjukan bahwa berliannya memiliki kualitas yang rendah. Jika demikian mendapatkan berlian yang demikian, maka sebaiknya Anda tidak memilihnya karena tingkat ketahanannya pun rendah serta warnanya cenderung akan mudah luntur.

Tidak tembus pandang

Salah satu cara untuk membuktikan bahwa berlian pada kalung tersebut asli atau palsu adalah dengan menyorotkan cahaya ke arahnya. Jika cahayanya tembus melewati badan berlian, maka Anda harus waspada karena bisa jadi jika produk ini palsu.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan cara lain untuk mengetahui keaslian berlian dengan menaruhnya di koran. Jika Anda masih bisa membaca tulisannya maka bisa jadi berliannya adalah berlian palsu. Pun sebaliknya jika cahaya yang disorotkan bisa dipantulkan dan atau tulisan pada koran tidak bisa terbaca dengan jelas, maka besar kemungkinan berlian tersebut adalah berlian yang asli.

Tahan panas dan tenggelam dalam air

Perlu Anda ketahui, berlian asli bukanlah penghantar panas yang baik. Artinya, jika Anda dekatkan berlian dengan api sekalipun, responnya akan tetap berlian asli tidak akan terasa panas. Bahkan tak jarang malah akan memunculkan noda hitam pada bagian yang terkena api akibat proses pembakaran gagal.

Selain tahan panas, berlian asli jika akan tenggelam jika dimasukan kedalam air karena massanya lebih berat dibandingkan material lain. Jika palsu, maka material tersebut akan mengambang sebab cenderung ringan.

Memiliki sertifikat

Ketika Anda membeli perhiasan berlian termasuk berlian, pastikan disertai sertifikat yang berisi keterangan lengkap dari perhiasan tersebut, ya! Pasalnya keberadaan sertifikat juga bisa menjadi indikator bahwa berlian tersebut benar benar asli.

Adapun sertifikatnya bisa diterbitkan oleh toko, dan ada juga sertifikat yang dikeluarkan oleh beberapa lembaga independen dan kredibel diantaranya yaitu IGI, GIA, AGS, HRD, dan EGL. Jika perhiasan berlian yang Anda pilih memiliki sertifikat tersebut, maka besar kemungkinan kualitas terbaik dan terjamin keasliannya.

Tidak berembun

Ciri lain yang bisa menunjukan keaslian berlian adalah tidak berembun. Untuk mengetesnya, Anda bisa meletakan berlian tersebut tepat di depan mulut lalu hembuskan nafas. Berlian asli tidak akan memberikan efek apapun setelahnya, sedangkan berlian yang terindikasi palsu akan meninggalkan bekas atau berembun sekalipun hanya beberapa saat.

Itulah dia beberapa tips dan cara mudah dalam mengetahui berlian asli atau palsu pada berbagai jenis perhiasan termasuk kalung. Nah, untuk mendapatkan kalung berlian yang terjamin kualitas juga keasliannya, Anda bisa membelinya di The Palace Jeweler yang merupakan toko penyedia berbagai jenis perhiasan yang sudah terbukti profesionalitas dan kredibilitasnya sebagai toko perhiasan terbaik, terlengkap dan terpercaya di Indonesia.

No comments

Powered by Blogger.